Kamis, Oktober 23, 2008

Nasehat Warren Buffet utk Pengusaha Muda

Tulisan berikut merupakan rangkuman 1 jam wawancara dengan, Investor Legendaris nomor satu di dunia di CNBC. Warren Buffet saat ini adalah orang terkaya nomor satu di dunia versi majalah Forbes, dengan aset pribadi sebesar $ 62 milyar (setara 619 triliun rupiah!!!),

Buffet sekaligus filantrop / dermawan nomor satu dunia yang telah menyumbangkan lebih dari $ 31 milyar (sekitar Rp. 300 triliun!!!) dana pribadinya untuk sumbangan-sumbangan.

Mari Kita Museumkan Kemiskinan

Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian,
Saya yakin kita bisa menciptakan dunia yang bebas dari kemiskinan, karena kemiskinan tidak dibikin oleh rakyat miskin. Kemiskinan diciptakan dan dilestarikan oleh sistem sosial-ekonomi yang kita rancang sendiri; pranata-pranata dan konsep-konsep yang menyusun sistem itu; kebijakan-kebijakan yang kita terapkan.

Sabtu, Oktober 11, 2008

Dinamika Pasar, Krisis, Keputusan BI Menaikkan Suku Bunga



Ketika bank-bank sentral dunia bersama-sama menurunkan tingkat suku bunga, BI malah menaikkan suku bunga. Mengapa?

Mungkin BI punya 3 tujuan:

  • Mempertahankan rupiah,

  • Memberikan sinyal ke pelaku pasar bahwa kondisi Indonesia tidak seperti kondisi negara2 lain yang terimbas krisis keuangan, krisis kredit dan krisis kepercayaan sehingga Indonesia tidak perlu ikut menurunkan suku bunga,

  • Mengurangi laju inflasi.. (penjelasan standar)


Dalam kondisi normal, Bank Sentral menggunakan instrumen suku bunga untuk menstabilkan harga (menahan laju inflasi). Menaikkan suku bunga secara tidak langsung akan mengurangi jumlah uang yang beredar di pasar melalui dua mekanisme: memberikan insentif kepada orang untuk menabung dan mengurangi permintaan orang untuk mengambil kredit. Karena jumlah uang yang beredar berkurang, otomatis “nilai uang” bertambah sehingga “nilai barang” secara relatif menurun, dan harga barang2 pun menurun… sehingga laju inflasi bisa ditahan. Demikian juga sebaliknya dengan penurunan suku bunga.

Jumat, Oktober 10, 2008

Penyebab Resesi Amerika

Meski saya bukan ekonom, banyak pembaca tetap minta saya ''menceritakan” secara awam mengenai hebatnya krisis keuangan di AS saat ini. Seperti juga, banyak pembaca tetap bertanya tentang sakit liver, meski mereka tahu saya bukan dokter. Saya coba:


Semua perusahaan yang sudah go public lebih dituntut untuk terus berkembang di semua sektor. Terutama labanya. Kalau bisa, laba sebuah perusahaan publik terus meningkat sampai 20 persen setiap tahun. Soal caranya bagaimana, itu urusan kiat para CEO dan direkturnya.



Pemilik perusahaan itu (para pemilik saham) biasanya sudah tidak mau tahu lagi apa dan bagaimana perusahaan tersebut dijalankan. Yang mereka mau tahu adalah dua hal yang terpenting saja: harga sahamnya harus terus naik dan labanya harus terus meningkat.

Kamis, Oktober 09, 2008

Google Translate Menyediakan Penterjemahan Ke bahasa Indonesia

Ada satu kejutan waktu tadi pagi saya menggunakan mesin pencari google, tidak seperti biasanya muncul tulisan [ Terjemahkan laman ini ] pada hasil pencarian yang menggunakan bahasa inggris. Setelah saya coba klik browser diarahkan ke halaman baru dan Jreng Jreng! Sekarang fasilitas penterjemahan ke bahasa indonesia sudah disediakan Google! Wow senang sekali rasanya.


Kita juga bisa menterjemahkan dari bahasa indonesia kepada bahasa lain yang disediakan google translator ini. Sungguh mengagumkan. Kalau begini bangsa indonesia bisa semakin maju karena bisa memahami bahasa utama dunia dengan menggunakan fasilitas google translate tool ini. Semoga banyak mendatangkan manfaat ke depannya.


Koneksi Speedy Byar Pet, Trader Marketiva Banyak Ngeluh

Akhir akhir ini speedy smakin lemot saja, hal ini sangat mengesalkan bagi para trader marketiva yang memerlukan koneksi stabil untuk trading. Sejak diluncurkan program gratisan berinternet jam 20:00 sampai 08:00 koneksi ke luar negeri jadi ancur ancuran!


Mungkin para pemakai speedy limited pada memanfaatkan promo ini untuk download gila gilaan, soalnya aku juga suka download film gratisan sejak ada program gratisan internet ini.


Amerika Kacau, USD Kacau, Spread Jadi Ikut Kacau

Menyusul resesi ekonomi di Amerika, keadaan pasar menjadi tak menentu. Hal ini berpengaruh juga pada penaikan spread pada kebanyakan broker. Spread yaitu selisih antara harga jual dan harga beli dimana semakin besar spread maka akan semakin repot juga bagi trader untuk mendapatkan keuntungan.


Keadaan pasar yang tidak menentu ini juga sekaligus memberikan peluang bagi para trader yang sudah berpengalaman dalam memprediksi pergerakan harga. Kalau kita amati grafik mata uang yang dipasangkan dengan USD mengalami penaikan dan penurunan yang tajam dan berkali kali dalam satu hari.


Rabu, Oktober 08, 2008

Trader Valas Pemula Selalu Membludak Setiap Harinya di Marketiva

Sejak kemunculannya tahun 2005, marketiva disambut antusias oleh para pedagang valuta asing di tanah air. Hal ini terbukti dengan banyaknya anggota marketiva yang terdaftar, serta banyaknya situs di internet yang merekomendasikan marketiva.


With more than 520,000 serviced users, 310,000 unique and live trading accounts, and more than 3.7 million live orders executed each month, Marketiva is one of the most popular over-the-counter market makers in the world.